Senin, 10 Mei 2010

Kasus Penyalahgunaan Facebook Pada Remaja


Rasanya baru kemarin saya membahas masalah dampak negatif facebook dalam 10 Dampak Negatif Facebook Bagi Remaja. Nah, beberapa hari ini ternyata sedang santer-santernya diberitakan tentang kasus penyalahgunaan Facebook yang dilakukan oleh remaja. Mulai dari kasus Pelacuran Di Facebook yang dilakukan oleh ABG sampai Kasus yang terjadi pada 6 Februari lalu, Seorang remaja (cewek) lari dari rumah bersama seorang cowok kenalannya dari Facebook.

Hal ini jelas membuat saya prihatin. Facebook, yang seharusnya memberikan manfaat bagi para penggunanya ternyata malah dijadikan sarana untuk hal-hal yang tidak baik. Berikut ini adalah contoh penyalahgunaan facebook yang harus dijadikan pelajaran terutama untuk orang tua agar lebih waspada dalam menjaga anaknya yang beranjak remaja dan mulai mengenal yang namanya teknologi. Termasuk internet dan facebook di dalamnya.

Kasus pelacuran  remaja (ABG) di Facebook. Kepolisian menguak kasus prostitusi remaja anak baru gede (ABG) di Surabaya, Jawa Timur. Para remaja tanggung menjual diri lewat laman jejaring sosial, Facebook. Modusnya, para ABG ini memasang foto di Facebook. Pengguna seks kemudian menghubungi mereka melalui fasilitas chatting.

Prostitusi melalui Facebook bisa ditemukan lewat sebuah akun bernama 'Tiduri Aku'.  Modusnya, kata sumber, berawal dari chatting, si pemilik akun akan memberikan nomor telepon genggamnya. Polisi pun pernah menyaru sebagai calon 'pembeli' melalui akun tersebut. Diceritakan dia, dalam chatting yang pernah dilakukan, muncul penawaran Rp 500 ribu hingga Rp 2  juta.

Jika harganya cocok, pertemuannya bisa diatur, sesuai kesepakatan. Namun, peminat harus lebih dulu menyetor uang ke sebuah rekening yang dikirim dalam obrolan chatting. "Sepertinya, itu sebuah syarat utama," pungkas sumber tersebut.

Selain pelaku tunggal, ada juga ABG yang beroperasi melalui perantara. Kepolisian Surabaya mencokok dua mucikari yang memperdagangkan para ABG ini, yakni  Afif (21) warga dukuh Kupang Timur, Surabaya, dan Endri Margarini alias Fey (20) warga Bungur Asri, Surabaya. Afif (21) mengaku awalnya sekedar iseng sebelum benar-benar tercebur dalam bisnis prostitusi.

2 komentar:

hilda lolita devi aprilia on 24 Mei, 2010 mengatakan... Reply Comment

Lengkap nie Kasus Penyalahgunaan Facebook Pada Remaja
Bagus Infox Tuh.... dengerin bagi orang yang sukax nyalah gunain PASEBOOK

ibe on 18 Juni, 2010 mengatakan... Reply Comment

teknologi akan terus berkembang, tinggal si pengguna, bagaimana memanfaatkannya

salam ibe

Posting Komentar

1.Komentar harus berhubungan dengan artikel ini
2.Jangan menaruh link ke situs ini
3.Setiap SPAM akan di hapus oleh admin tanpa pemberitahuan
4.Dilarang berbicara tidak sopan, agar tidak menggangu pengguna lain, komentar akan di hapus langsung oleh admin tanpa pemberitahuan
5.Untuk pengguna yang tidak memiliki akun blogger maupun sejenisnya bisa komentar di kotak facebook yang ada diatas.